5 Karakter yang Wajib Ditanamkan Untuk Mewujudkan SDM Unggul

Sumber: Google.com

(https://pendidikan.id/news/wp-content/uploads/2019/05/asdxsdf.png)

Mewujudkan SDM yang unggul harus dilakukan agar Indonesia mampu bersaing dalam pasar global dan revolusi industri 4.0. Untuk mewujudkan SDM yang unggul ini bisa dilakukan dengan penanaman karakter sejak dini. Menurut Kadin Indonesia penanaman karakter sejak dini bisa dilakukan dari lingkungan keluarga dan sekolah.

Lalu apa karakter apa saja yang harus ditanamkan agar SDM Indonesia menjadi unggul dan berkualitas? Ada 5 karakter yang wajib untuk ditanamkan agar kualitas SDM menjadi unggul, yaitu:

1. Jujur
Karakter utama yang wajib ditanamkan untuk menghasilkan SDM unggul adalah jujur. Kejujuran harus ditanamkan sejak dini. Hal ini dikarenakan kejujuran adalah kunci dalam kehidupan. SDM yang unggul adalah SDM yang jujur dalam segala hal.

Ketidakjujuran akan membuat SDM akan terkena banyak masalah termasuk masalah hukum. Oleh karena itu, agar menjadi SDM yang unggul maka kejujuran harus diterapkan dalam semua hal. Tidak hanya jujur dalam pekerjaan dan usaha tapi yang lebih utama adalah jujur terhadap diri sendiri.

Jika kamu sudah bisa jujur terhadap diri sendiri maka dapat dipastikan kamu juga bisa jujur dalam semua aspek kehidupan. Tidak hanya kesuksesan dalam usaha tapi kamu juga akan mencapai kesuksesan dalam kehidupan secara global dengan kejujuran.

2. Ulet atau Pantang Menyerah
Karakter ulet merupakan karakter SDM yang unggul. Seseorang yang ulet tidak akan mudah menyerah dalam menyelesaikan suatu masalah. Keuletan sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan terutama dalam persaingan global nantinya.

Karakter yang pantang menyerah ini mampu membuat kamu untuk bersaing menghadapi pasar global nantinya. Jadi, dari sejak dini harus sudah ditanamkan sifat ulet dan pantang menyerah.

3. Tekun
Berbeda dengan ulet, tekun merupakan sifat seseorang untuk fokus pada satu tujuan. Tekun ini kemampuan yang jarang dimiliki oleh seseorang. Bisa dilihat banyak sekali orang yang berhenti bahkan memutar haluan ketika usahanya tidak maju.

SDM yang unggul tidak akan pernah berhenti untuk memajukan usahanya. Tidak hanya usaha tapi apa yang sudah menjadi tujuan hidupnya. Jika usaha yang dilakukan belum juga membuahkan hasil maka harus lebih berusaha. Karena ketekunan pasti akan membuahkan hasil yang positif.

4. Selalu Ingin Tahu
Karakter selalu ingin tahu juga harus ditanamkan untuk menghasilkan SDM yang unggul. Terkadang orang justru mencemooh orang lain yang selalu ingin tahu. Padahal sifat selalu ingin tahu ini adalah hal yang positif dan harus ditanamkan. Tentu saja ingin tahu yang dimaksud disini adalah ingin tahu mengenai perkembangan dunia.

Karakter yang selalu ingin tahu akan membuat SDM selalu giat dalam mencari informasi. Sifat ini mampu menjadikan SDM menjadi lebih cerdas dan kritis untuk menghadapi persaingan global. Keinginan untuk tahu ini bisa disalurkan dengan membaca informasi terbaru melalui media cetak atau elektronik termasuk mencari informasi di Kadin.

5. Bertanggung Jawab
Karakter ini merupakan karakter wajib yang harus dimiliki seseorang jika ingin dikatakan sebagai SDM yang unggul. Seseorang yang sudah ditanamkan tanggung jawab sejak dini maka sampai besar pun akan selalu bertanggung jawab.

Cara sederhana untuk menanamkan tanggung jawab adalah dengan memberikan tugas yang wajib diselesaikan secara tepat waktu. Tidak hanya bertanggung jawab dengan cara ini disiplin seseorang juga akan terbentuk

Keenam karakter ini wajib dimiliki oleh semua warga Indonesia agar mampu bersaing di kancah internasional. Penanaman karakter bisa dimulai dari kesadaran diri sendiri dan dari hal yang kecil. Kadin Indonesia selalu mendukung peningkatan SDM agar menjadi unggul dalam semua bidang.
loading...